Sabtu, 05 November 2016

ADAT ISTIADAT TIMOR LESTE


#ADAT ISTIADAT TIMOR LESTE


        Kebudayaan adalah salah satu kebiasaan yang tidak luput dari kehidupan sehari-hari kita semua. Masing-masing daerah/suku memiliki kebudayaan dan adat istiadat masing-masing. Mari kita mempelajari tentang kebudayaan dari Timor Leste.


         Seni tari,seni tari yang terdapat dinegara ini diantaranya,Tari Lorsa,Tari Simu Surik,Tari Boot,Tari Likurai,dan Tari Tebe-tebe. Seni Sastra pun juga tidak asing lagi bagi negara ini,sama halnya dengan negara-negara yang lain Timor Leste sendiri memiliki seni Sastra tersendiri. Umumnya yang masih tersebar luas yaitu,Kanunuk(pantun),Dadolik(puisi),Aknonaik(cerita),dan Baitoa(nyanyian sedih).


        Seni kerajinan tangan dapat berupa Gerabah,Marmer,Keramik,Kerajinan anyaman dari tari agel. Berbagai macam kerajinan dari daun pandan dan lontar,tenun ikat yang nanti hasilnya sering disebut kain"Tais". Berbagai ukiran dari kayu dan yang lainnya.


       Begitupun dengan seni musiknya yang paling kuno di distrik dili adalah maloi dan kore-metan. Maloi adalah nama suatu jenis nyanyian,yang diiringi dengan alat musik Lakadau(alat musik yang terbuat dari bambu). Dapat juga diiringi dengan alat musik kakeit(alat musik yang terbuat dari logam/bambu).


       Semoga bermanfaat....by:yulia 


          

1 komentar: