Minggu, 30 Oktober 2016

ADAT ISTIADAT INDIA




#ADAT ISTIADAT INDIA


        Holi atau festival warna merupakan festival awal musim semi yang dirayakan di negara-negara beragama Hindu, salah satunya adalah India. Disebut Dolyatra (Doul Jatra) atau Basanta Utsab (festival musim semi). Puncak perayaan Holi disebut Dhulheti, Dhulandi, atau Dhulendi. Pada hari itu, masyarakat merayakan Holi dengan saling melemparkan bubuk dan air berwarna-warni. Sementara api unggun yang dinyalakan pada malam sebelum Holi disebut Holika Dahan (kematian Holika) atau Chhoti Holi (holi kecil).


          Istilah Sati di India berasal dari kisah Dewi Sati yang dikenal dengan nama Dakshayani. Ia dikenal karena pengorbanannya dengan terjun ke dalam api karena tak mampu menahan penghinaan ayahnya terhadap suaminya. Ritual Sati, juga merupakan simbol kesetiaan sang isteri kepada suaminya. Ini merupakan pengorbanan diri seorang wanita janda di India yang baru ditinggal suaminya.


         Maha Kumbh Meha menjadi salah satu ritual unik di India. Ini adalah ritual mandi telanjang untuk penghapusan dosa yang dilakukan setidaknya sekali dalam kurun waktu 12 tahun. Festival ini merupakan ritual keagamaan yang berlangsung selama 55 hari, dihadiri oleh ratusan juta manusia pemeluk Hindu di India. Bagi mereka mandi di tepi sungai Gangga yang memang dianggap suci ini, bisa membebaskan dari siklus mati serta reinkarnasi. 


       Semoga bermanfaat....by:yulia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar