Senin, 24 Oktober 2016

Alat musik Saluang







Kita sebagai warga Indonesia harus mengetahui budaya dan adat istiadat masing-masing daerah,ya tidak semuanya juga tetapi harus ada yang kita kuasai seperti halnya pelajarannn....
Disini,saya akan menjelaskan tentang alat musik Saluang...


  • Alat musik Saluang
         
            Saluang ini sendiri berasal dari Minangkabau,Sumatera Barat.Saluang ini terbuat dari bambu tipis atau biasanya disebut talang.Cara memainkan alat musik saluang ini adalah ditiup seperti halnya seruling.Saluang ini sendiri memiliki panjang kira-kira 40-60 cm dan memiliki diameter 3-4 cm.
             

              Keutamaan pemain saluang adalah dapat memainkan saluang dengan meniup dan menarik nafas secara bersamaan,sehingga para pemain saluang dapat meniup saluang dengan panjang tanpa putus.Masing-masing daerah memiliki ciri khasnya sendiri.


               Contohnya dari ciri khas itu adalah Singgalang,Pariaman,dan Solok.Ciri khas singgalang dianggap cukup sulit yang dimainkan pada awal mulanya lagu.Sedangkan,ciri khas yang bunyinya paling sedih adalah Rato Solok di daerah Solok.


Sebagai warga Indonesia yang baik dan penerus bangsa,kita patutnya dapat mempelajari tentang budaya yang ada di negara kita ini.Sampai bertemu dilain kesempatan don't go anywere.....by: yulia 
        
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar