Senin, 24 Oktober 2016

Alat musik Gendang



GENDANG

 Kita sebagai penerus bangsa,harus menjadi warga Indonesia yang patut kepada peraturan dan adat istiadat bangsa ini.Tidak terlepas dari budaya dan kekayaan alam yang ada dinegeri kita ini.


      Gendang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul seperti halnya alat musik perkusi. Instrument ini dibunyikan dengan tangan atau batu.Gendang ini sendiri terbuat dari kayu dengan selaput.Alat musik gendang ini terbuat dari kulit kerbau.Gendang berasal dari Jawa Tengah.Setiap bangsa mempunyai gendang dengan namanya sendiri-sendiri.


       Gendang ini memiliki tabung silinder yang panjangnya kira-kira pun bervariasi 20-40 cm.Sementara garis tengah yang didalamnya disesuaikan dengan panjang tabung silinder.Disalah satu ujung tabung dipasang selaput dari kulit kambing dan untuk mengeluarkan suara bass dipasang selaput dari kulit sapi.


       Gendang melayu tidak jauh berbeda dengan gendang seperti biasanya,karena pada intinya alat musik ini sejenis.Gendang memiliki seperangkat 3 gendang itu sendiri mempunyai/mengeluarkan suara/bunyi yang berbeda-beda.Gendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gemelan profesional,yang sudah lama menyelami budaya Jawa.


       Fungsi alat musik ini tidak lain seperti mengatur tempo,irama,musik,aragecement,dan bunyi dengan tempo cepat maupun lambat.Untuk wayangan gendang ada satu lagi gendang yang khas yaitu gendang kosek.


Indonesia sendiri memiliki ciri khas sendiri,Indonesia menurut saya adalah menarik,unik,dan dinegeri ini kita akan mendapatkan inspirasi,motivasi,dan inovasi.....by: yulia 


       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar