Jumat, 28 Oktober 2016

ADAT ISTIADAT MASYARAKAT BETAWI


#ADAT ISTIADAT BETAWI


         Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan kekayaan alamnya.Terlebih lagi adat istiadat masing-masing daerahnya yang sangat beragam. Salah satu suku bangsa yang ada di negera ini adalah suku BETAWI. Suku betawi merupakan suku asli yang menjadi mayoritas masyarakat Jakarta.


         Suku betawi ini sendiri menggunakan bahasa yang formal dan menggunakan bahasa indonesia,dalam hal ini betawi dialek menjadi 2 jenis yaitu,dialek betawi pinggir dan dialek betawi tengah. Dalam bahasa betawi huruf "a" diganti menjadi huruf "e".


        

        Dalam acara sunatan/khitanan,langkah pertama yang dilakukan adalah rembuk sunat. Hal ini dilakukan untuk membicarakan tentang acara yang akan diadakan,hal ini dibicarakan dengan sang anak yang akan disunat. Setelah  sang anak setuju,maka ditentukan tanggal dan hari pelaksanaannya. Kemudian memanggil dukun sunat atau yang biasa disebut Bengkong. Yang terakhir adalah mengarak-ngarak si penganten sunat ke sekeliling kampung atau rumah.


        Dalam acara pernikahan langkah pertama yang dilakukan adalah pengantin laki-laki membawa seserahan yang akan diserahkan kepada pihak mempelai perempuan,dan tidak lupa sepasang roti buaya. Lalu nyalakan petasan untuk menyambut calon besan. Biasanya ada ondel-ondel yang menjadi akan mengarak-ngarak kedua mempelai dengan diiringi musik tanjidor.


       Semoga bermanfaat....by:yulia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar