Jumat, 28 Oktober 2016

ALAT MUSIK KECAPI

HI..guys disini saya akan menjelaskan dengan detail dari alat musik yang satu ini.Kecapi ya,tidak asing lagi bukan...


 #KECAPI

        Kecapi biasanya dimainkan sebagai alat musik utama dalam tembang-tembang Sunda. Umumnya kecapi sunda dipakai untuk mengiringi lagu-lagu yang bersenandung lembut. Kecapi adalah alat musik yang terkenal di JAWA BARAT,tepatnya didaerah cianjur.


         Berdasarkan bentuknya kecapi berbentuk menyerupai perahu,terdapat lubang dibawahnya yang digunakan sebagai resonator yang memungkinkan  keluarnya suara. Sisi kecapi disambung dengan lem,sedangkan pada zaman pra-aksara kecapi dibuat dari bongkahan kayu yang dipahat.


          Bahan utama dalam membuat alat musik ini adalah kayu kenanga dan kayu ini sangat jarang sekali ditemukan. Kayu kenanga terlebih dahulu direndam kurang lebih 3 bulan sebelum diolah menjadi kecapi. Pada zaman pra-aksara senar kecapi dibuat dari kawat kuasa yakni logam campuran emas dan tembaga.


            Alat musik kecapi dimainkan dengan cara dipetik seperti halnya sasando. Kecapi menggunakan dengung lima nada tangga yaitu Da,Mi,Na,Ti,dan La. Saat memainkan alat musik ini harus posisikan tubuh dan jari tangan dengan baik. Memainkan alat musik ini memerlukan keterampilan dan harus sering berlatih.


           Semoga bermanfaat....by: yulia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar